PENGANTAR TEORI PERMAINAN ATAU GAME
Apa Itu Teori Permainan atau Game ?
Teori permainan adalah studi formal
konflik dan kerjasama. Permainan teoritis konsep
diterapkan bila tindakan beberapa
agen saling bergantung. Agen-agen ini mungkin
individu, kelompok, perusahaan, atau
kombinasi dari semuanya. Konsep teori permainan
memberikan bahasa untuk merumuskan,
struktur, menganalisis, dan memahami skenario strategis.
Definisi
Teori Game
Teori
permainan merupakan bagian dari ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan
pembuatan keputusan pada saat dua pihak atau lebih barada dalam kondisi
perasaingan atau konflik
( Dimyati A, Operations Research,
Model-Model Pengambilan Keputusan, Sinar Baru Algensindo, Bandung, 2006. )
Teori
Permainan adalah suatu pendekatan matematis untuk merumuskan situasi persaingan
dan konflik antara berbagai persaingan.Teori ini dikembangkan untuk menganalisa
proses pengambilan keputusan dari situasi persaingan yang berbeda dan
melibatkan dua atau lebih kepentingan.
Teori permainan adalah suatu cara belajar
yang digunakan dalam menganalisa interaksi antara sejumlah pemain maupun
perorangan yang menunjukkan strategi-strategi yang rasional.
Latar Belakang Teori Game
Game
theory membahas mengenai banyak aspek yang menarik yang aplikasinya ternyata
dapat digunakan untuk politik, ilmu social, ekonomi matematika dan lain
sebagainya. Dalam hal Game-theory, tidak dibiarkan pemain lain diam, tetapi
melakukan aksi-reaksi atas apa yang terjadi dalam interaksi tersebut.
Teori
permainan pertama kali ditemukan oleh sekelompok ahli Matematika pada tahun
1944. Teori itu dikemukakan oleh John
von Neumann and Oskar Morgenstern yang berisi :
Permainan terdiri atas sekumpulan peraturan yang
membangun situasi bersaing dari dua sampai beberapa orang atau kelompok dengan
memilih strategi yang dibangun untuk memaksimalkan kemenangan sendiri atau pun
untuk meminimalkan kemenangan lawan. Peraturan-peraturan menentukan kemungkinan
tindakan untuk setiap pemain, sejumlah keterangan diterima setiap pemain
sebagai kemajuan bermain, dan sejumlah kemenangan atau kekalahan dalam berbagai
situasi.”
(
J. Von Neumann and O. Morgenstern, Theory of Games and Economic Behavior (3d
ed. 1953)).
Walaupun terbagi atas berbagai definisi berbeda,
tapi dalam prakteknya teori-teori tersebut dapat digabungkan atau saling
berhubungan satu sama lain sehingga tidak murni dipakai sendiri.
Penjelasan Permainan / Game
Pengertian
game menurut Agustinus Nilwan dalam bukunya “Pemrograman Animasi dan
Game Profesional” terbitan Elex Media Komputindo, game merupakan permainan
komputer yang dibuat dengan teknik dan metode animasi. Jika ingin mendalami
pengunaan animasi haruslah memahami pembuatan game. Atau jika ingin membuat
game, maka haruslah memahami teknik dan metode animasi, sebab keduanya saling
berkaitan, berikut ini akan dijelaskan Macam-macam animasi yang
digunakan dalam membuat sebuah game yang akan diterangkan. Karena animasi dan
game itu saling berhubungan satu sama lain, saling keterkaitan.
Animasi
Animasi dapat dibuat dengan tiga teknik berbeda, yaitu Image, Xoring serta make. Dan dalam pergerakannya dapat bertipe object sprite atau object frame. Juga bisa dibedakan atas metode animasi yang digunakan antara animasi frame, bibliting dan realtime
1.
Animasi
Dengan Teknik Image
Animasi dengan teknik ini adalah menyimpan image sebagai
sebuah sprite dalam memori yang kemudian akan ditampilkan di backgroundnya.
Dalam teknik ini animasi yang disimpan harus berlatar belakang sesuai backgroundnya.
Animasi dengan teknik ini biasanya sulit dalam pembuatan gambarnya, sebab harus
banyak dan melakukan penyamaan dan posisi. Akan tetapi teknik ini mudah dalam
hal memainkan animasinya.
2.
Animasi
Dengan Teknik Xoring
Teknik ini adalah teknik animasi yang mudah dan
sederhana, sebab selain gambarnya satu sprite, cara menampilkannya juga jauh
lebih mudah dibanding dengan teknik sebelumnya. Pembuatan gambarnya sangat mudah,
sebab yang dibuat adalah spritenya saja dan tidak perlu menyamakan dengan backgroundnya.
Kelemahan dari teknik ini adalah memiliki efek buruk yaitu tembus pandang dan
mengganti warna sprite, maka hal ini tidak baik digunakan dalam animasi yang backgroundnya
bergambar.
3. Animasi Dengan Teknik Make
Animasi dengan teknik ini biasanya digunakan untuk
animasi umum, tapi biasanya digunakan untuk proses pembuatan animasi. Animasi
dengan teknik ini memiliki sprite yang terus menerus digenerate oleh program,
kemudian ditampilkan dengan perhitungan tertentu.Animasi ini biasanya dilakukan
oleh 3D modelling dan shading software seperti AutoCad, 3D Studio, Presidio 3D
Workshop dan lain-lain. Operasi diatas haruslah digenerate secara langsung
dengan perhitungan sehingga saat pembuatan hamper bersamaan dengan saat
menampilkannya
4.
Animasi
Dengan Tipe Object Sprite
Animasi
ini menggunakan sprite sebagai pemeran utama sedangkan object lainnya hanya
background diam. Prosesnya adalah mebuat gambar sprite dengan latar belakang
warna hitam, lalu dibuat juga sprite yang sama tetapi berwarna hitam dan latar
belakangnya adalah warna tertinggi, kemudian ditempatkan dengan pertama-tama
menyimpan background yang akan ditimpa oelh sprite dan ditempatkan sprite
dengan Xor dan Ditimpa dengan warna tertinggi secara Xor.
5.
Animasi
Dengan Tipe Object Frame
Animasi
ini menitik beratkan animasi yang dimainkan hanya pada sprite objectnya saja,
akan tetapi seluruh backgroundnya juga seolah-olah ikut digerakkan.
6.
Metode
Animasi frame
Metode
ini adalah metode animasi yang mendukung tipe object frame. Karena metode animasi
dengan metode full-screen, maka frame yang tampil haruslah disiapkan terlebih
dahulu dalam bebera page sebelumnya. Karena hal tersebut maka pengambilan
gambarnya haruslah sangat cepat, sehingga tidak menjadikan animasi lamban dan
tersendat. Animasi frame ini haruslah menampilkan gambar fullscreen yang
bergerak, agar efek tersendat dari pergantian frame tidak menyolok.
7. Metode
Animasi BitBlt
Metode
animasi ini biasanya disebut sprite animation, array animation, blocked
animation, partial screen animation, snapshot animation atau arcade animation.
Prinsip dari metode ini adalah menyimpan image dan memainkan animasinya dalam
bentuk satu atau bebera sprite kecil.
8. Metode Animasi
Real-Time
Dalam
metode ini biasanya semua animasi yang sedang tampil atau yang akan dibuat
dilakukan bersama sehingga tidak perlu disiapkan terlebih dahulu. Karena
animasi ini lambat dan tersendat maka animasi dengan metode ini akan bagus jika
pergerakan yang akan dilakukan adalah tidak diketahui sebelumnya dan tiba-tiba
muncul.
Metode ini tidak disarankan untuk animasi biasa-biasa saja, akan tetapi sebaiknya digunakan untuk keperluan khusus seperti rotating dan tweening
Metode ini tidak disarankan untuk animasi biasa-biasa saja, akan tetapi sebaiknya digunakan untuk keperluan khusus seperti rotating dan tweening