PENGERTIAN JENIS – JENIS ICON PADA DESAIN GAME INTERFACE

Icon


Icon adalah grafik dalam sebuah antarmuka yang digunakan untuk mengkomunikasikan informasi kepada pengguna dengan mengekspresikan atribut obyek, aksi atau perintah, dan tipe pesan.

Pengertian lain icon, Icons adalah gambar, lambang/simbol yang sering digunakan untuk merepresentasikan objek atau aktivitas tertentu dalam bentuk gambar yang memungkinkan adanya interaksi antara pengguna dengan komputer, aplikasi, software atau devices lainnya dengan cara meng-klik icon tersebut.  Dalam teori lambang-lambang icon merupakan sebuah gambar atau symbol yang mudah dikenali agar informasi yang di sampaikan mudah dipahami, icon bersifat nyata, sederhana  dan mudah dikenali tanpa perlu penjelasan arti dan tujuan itu sendiri.






Desain icon memang salah satu element yang terpenting dalam desain interface untuk memberikan representasi dan visual yang informative. Jenis Icon terbagi menjadi Picons dan micons

Picon

Picon adalah gambaran, lambang/symbol yang nyata maupun realis terhadap penggambaran objek yang diinformasikan atau dituju. Sehingga informasi yang di sampaikan mudah dipahami dan dan mudah dikenal.





Micon adalah penggambaran dari lambang/symbol ( dalam hal ini biasanya adalah GIF ) gambar yang bergerak atau symbol yang bergerak atau terdapat animasinya . Micon adalah animasi dari symbol/gambar dari Picons.



Pada contoh gambar diatas ada gambar/symbol - symbol buah pisang apel semangka dan sebagainya. nah dari symbol tersebut yang biasanya symbol diam dan tidak ada gerakan symbol/icon - icon tersebut bergerak atau terdapat animasinya. itu lah mican menganimasikan dari icon - icon yang hanya diam.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar